Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup Dan Restore Linux Dengan Timeshift

Tutorial ini mengatakan kepada Anda cara mem-backup dan memulihkan sistem Linux dengan gampang memakai aplikasi Timeshift.


Baik itu pemula atau yang sudah mahir, seoarang pengguna Linux, pada dikala tertentu akan menemukan kebutuhan solusi cadangan (backup). Yang diharapkan hanyalah satu perintah sudo, ketika itu salah dan Anda akan dikirim kembali ke zaman batu. Linux tidak mengatakan belas kasihan dikala Anda tidak mempunyai cadangan yang solid.

Ada banyak perangkat lunak pencadangan (backup software) yang mengesankan tersedia untuk Linux. Hampir semua distro dilengkapi dengan alat cadangan yang gampang dipakai juga. Mereka mencadangkan dan menyimpan dokumen Anda, musik, dan hal-hal penting lainnya dengan aman.

Tetapi,ketika menginstal ulang semua perangkat lunak, driver, dan konfigurasi sistem hal inilah yang ternyata menjadi mimpi buruk. Meskipun ada perangkat lunak ibarat Aptik yang mencadangkan semua paket yang Anda pasang, Mereka tetap tidak sanggup membackup nya.

Mudah Mencadangkan dan Kembalikan Desktop Linux Dengan Timeshift

Nah, ketika Anda mencoba untuk menginstal driver Nvidia untuk bisa bekerja pada instalasi Linux Anda atau meng-instal Gnome gres untuk bekerja pada sistem Anda, ada kemungkinan besar sistem Anda tidak akan masuk ke lingkungan grafis sama sekali tergantung pada distro yang Anda gunakan dan arahan yang Anda ikuti.

Mungkin Anda melewatkan satu langkah arahan dan Anda gres menyadarinya belakangan. Bagaimanapun, tindakan Anda selanjutnya yakni mencari-cari solusi di web untuk arahan perbaikan yang bisa menciptakan anda sangat frustrasi. Mungkin Anda hanya mempunyai beberapa persoalan dalam sistem sehabis Anda menginstal sesuatu dan ingin itu berjalan lancar ibarat sebelumnya.

Membeli komputer gres dan ingin mengganti seluruh OS Anda dengan semua pengaturan dan kustomasinya ke PC baru?

Timeshift yakni balasan Anda.

Apa yang dilakukan Timeshift?

Lihat Timeshift tidak hanya mencadangkan folder Home Anda. Timeshift tidak hanya mencadangkan aplikasi Anda. Ia mempunyai kemampuan untuk membackup Seluruh OS Anda dengan semua konten di folder Home ke dalam satu snapshot. Snapshot ini juga meliputi semua konfigurasi dan kustomisasi yang Anda buat ke sistem Anda.

Menginstal Timeshift di Linux

1. Untuk Ubuntu dan Linux Mint

Buka terminal (ctrl + alt + T) dan jalankan perintah di bawah ini satu per satu

sudo apt-add-repository -y ppa:teejee2008/ppa

sudo apt-get update

sudo apt-get install timeshift

2. Untuk Arch Linux, Antergos, Apricity dan Manjaro

Versi terbaru dari solusi backup Timeshift tersedia dalam Arch User Repository. Aktifkan AUR dan dapatkan Timeshift dengan perintah berikut.

yaourt timeshift

3. Untuk semua distro lainnya

Unduh 32 bit di sini.
Unduh 64 bit di sini.
Unduh file yang sesuai dan buka terminal di lokasi unduhan

4. Timeshift untuk Linux 32-bit

su

(ketik kata sandi Anda ketika diminta)

chmod +x timeshift-latest-i386.run

sh ./timeshift-latest-i386.run

5. Timeshift for 64-bit Linux

su

(ketik kata sandi Anda ketika diminta)

chmod +x timeshift-latest-amd64.run

sh ./timeshift-latest-amd64.run

Cara Menggunakan Timeshift Untuk Mencadangkan Dan Memulihkan Sistem Linux

A. Membuat cadangan sistem Linux Anda

Tidak ada kerumitan baris perintah di sini. Buka Timeshift dari menu. Masukkan kata sandi sudo Anda ketika diminta. Klik buat. Selesai

Tutorial ini mengatakan kepada Anda cara mem Cara Backup Dan Restore Linux Dengan Timeshift

Anda sanggup menentukan untuk mengubah parameter cadangan ibarat lokasi cadangan dari menu.

Tutorial ini mengatakan kepada Anda cara mem Cara Backup Dan Restore Linux Dengan Timeshift

Anda bahkan sanggup menjadwalkan backup harian atau mingguan. Pencadangan otomatis sehingga kalau ada kesalahan, Anda sanggup kembali ke cadangan baru-baru ini setiap saat.

B. Memulihkan sistem Linux Anda

1. Dari OS yang sama
Ketika Anda masih bisa masuk ke OS Anda dan ingin kembali ke keadaan sebelumnya dari PC Anda, cukup luncurkan Timeshift dari Menu atau Dash dan pilih Gambar Pulihkan dan tekan kembalikan. Itu saja.

Tutorial ini mengatakan kepada Anda cara mem Cara Backup Dan Restore Linux Dengan Timeshift

2. Pulihkan ketika Anda tidak sanggup masuk ke sistem Linux Anda
Bagian ini untuk sistem yang tidak sanggup masuk ke Lingkungan Grafis, benar-benar diformat atau rusak diperbaiki.

Anda memerlukan Live USB. Saya sangat menyarankan Anda untuk selalu menyimpan Ubuntu Live USB atau DVD Ubuntu dengan Anda alasannya yakni ini sanggup menjadi penyelamat. Tidak ada alasan untuk tidak mempunyai nya.

Pokoknya, boot ke sesi live kemudian unduh dan pasang Timeshift memakai petunjuk pemasangan yang sama di atas (ya, Anda sanggup menginstal aplikasi di sesi Live Ubuntu / Mint).

Setelah instalasi, jalankan aplikasi dan jelajahi ke lokasi cadangan Anda dan pilih pulihkan (ya, Anda sanggup mengakses hard drive Anda memakai sesi siaran langsung).

Saya sarankan Anda membiarkan timeshift menginstal bootloader lagi

Kesimpulan

Bisakah Backup dan Restore sistem Linux menjadi lebih mudah? Program ini memberi Anda kemampuan untuk mengotak-atik, mengacaukan, mencoba hal gres tanpa rasa takut atau penyesalan. Alat ini tidak ternilai untuk versi Linux gres yang mungkin merusak barang. Tetapi hal wacana pengguna Linux, mereka tidak pernah berhenti mengutak-atik. Maksud saya tidak pernah. Kaprikornus Anda tetap harus Mengisntalnya bahkan kalau Anda andal dalam menangani si Penguin.

Apa pandangan Anda wacana Timeshift yang menakjubkan? Bagaimana Anda mencadangkan sistem Linux?

Juga, beri tahu kami situasi di mana Anda benar-benar mengacaukan system dan timeshift mungkin telah berkhasiat menyelamatkan Anda. Jangan lupa untuk berbagi. Anda sanggup menyimpan kehidupan Linux.

Source : timehsift, itfoss

Posting Komentar untuk "Cara Backup Dan Restore Linux Dengan Timeshift"