Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Distro Linux Terbaik Untuk Pemula Di 2018

Dalam artikel ini, kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula. Artikel  ini akan membantu pengguna Linux gres untuk menentukan distribusi pertama mereka.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Mari kita lihat, Linux dapat mengakibatkan kerumitan luar biasa bagi pengguna gres yang benar-benar gres terjun ke dunia linux. Tetapi, itu bukan lantaran Linux itu sendiri yang rumit atau kompleks. Sebaliknya, itu yaitu faktor "kebaruan" yang mengakibatkan hal ini. Bukan bermaksud bernostalgia, tetapi mengingat waktu pertama kali saya dengan Linux, saya bahkan tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan linux. Saya mulai menyukainya. Tapi saya harus berenang dari hulu ketika pertama kali berguru linux.

Tidak tahu harus memulai dari turunan linux apa, khususnya untuk orang yang tak mempunyai konsep lain selain memakai windows.

Seperti yang kita tahu bahwa Linux lebih dari satu OS. Ini yaitu gagasan di mana semua orang tumbuh bersama dan ada sesuatu untuk semua orang. Kamu sanggup menentukan linux sesuai dengan kebutuhan kamu. Saya sudah mengelompokkan nya sesuai kebutuhan kau pada artikel dibawah ini:

  • Distro Linux terbaik untuk pengguna Windows
  • Distro Linux ringan terbaik
  • Distro Linux terbaik untuk peretasan (Hacking)
  • Distro Linux terbaik untuk game (Gaming)
  • Distro Linux terbaik untuk privasi dan anonimitas
  • Distro Linux terbaik yang terlihat ibarat MacOS

Selain itu, ada distribusi yang melayani kebutuhan pendatang gres khususnya. Makara berikut beberapa distro Linux untuk pemula.

Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Harap diingat bahwa daftar ini tidak ada hukum khusus. Kriteria utama untuk menyusun daftar ini yaitu akomodasi instalasi, perangkat lunak perangkat keras, akomodasi penggunaan dan ketersediaan paket perangkat lunak.

1. Linux Mint Cinnamon

Linux Mint yaitu distribusi Linux nomor dua di Distrowatch saat artikel ini diterbitkan. Sebelumnya Mint Terus Berada di Posisi pertama sebagai distro paling banyak digunakan. Takhta yang layak saya harus katakan. Linux mint yaitu salah satu favorit eksklusif saya. Ini elegan, anggun dan menyampaikan pengalaman komputasi yang unggul (out of the box).

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Linux Mint menampilkan lingkungan desktop Cinnamon. Pengguna Linux gres yang masih dalam proses membiasakan diri dengan perangkat lunak Linux akan menemukan bahwa Cinnamon sangat berguna. Semua perangkat lunak sangat gampang dikelompokkan menurut kategori. Meskipun ini bukan fitur yang menakjubkan, bagi pengguna gres yang tidak tahu nama-nama perangkat lunak Linux, ini yaitu bonus yang sangat besar.

Linux Mint cepat. Berjalan dengan baik pada komputer lama. Linux Mint dibangun di atas basis Ubuntu yang kokoh. Mint memakai repositori perangkat lunak yang sama dengan Ubuntu. Tentang repositori perangkat lunak Ubuntu, Ubuntu mendorong perangkat lunak untuk penggunaan umum hanya sehabis pengujian ekstensif. Ini berarti pengguna tidak perlu berurusan dengan crash dan gangguan tak terduga yang terjadi pada beberapa perangkat lunak gres yang rawan.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Pecinta Windows 7 yang benar-benar ingin beralih dari Microsoft kalau harus menginstall Windows 10 akan menemukan Linux Mint yang menyenangkan. Desktop Linux Mint sangat ibarat dengan desktop Windows 7. Toolbar serupa, sajian serupa, ikon baki yang sama semuanya siap untuk menciptakan pengguna Windows merasa benar-benar di rumah.

Secara pribadi, saya lebih cenderung menyarankan Linux Mint kepada seseorang yang gres mengenal dunia Linux lantaran Linux Mint cukup mengesankan pengguna semoga mereka menerimanya. Bagi saya, Linux Mint harus menjadi yang pertama di antara daftar Linux untuk pemula.

2. Ubuntu

Jika Anda telah mencari dan survey Linux di internet, sangat mungkin Anda akan menemukan Ubuntu. Ubuntu yaitu salah satu distribusi Linux terkemuka. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk memulai perjalanan Linux Anda.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Ubuntu telah ditandai sebagai Linux untuk manusia. Karena Ubuntu telah menempatkan banyak upaya pada kegunaan universal. Ubuntu tidak mengharuskan Anda menggunakannya secara teknis. Karena itumelanggar gagasan Linux = kerumitan baris perintah. Ini yaitu salah satu poin plus utama yang menciptakan Ubuntu meroket ke kawasan itu hari ini.

Ubuntu menunjukkan mekanisme instalasi yang sangat mudah. Bahasa utama penginstalan yaitu Bahasa inggris, tapi Anda sanggup menentukan bahasa lainnya. Anda bahkan sanggup mencoba Ubuntu sebelum benar-benar melaksanakan mekanisme instalasi. Yakni dengan memanfaatkan fitur live usb. Penginstal menyediakan opsi sederhana untuk:

  • Instal Ubuntu menghapus OS lama
  • Instal Ubuntu di samping OS yang ada (Pilihan A diberikan pada setiap startup untuk menentukan OS untuk boot).
  • Konfigurasikan partisi untuk pengguna yang tahu apa yang mereka lakukan.

Tip pemula: Pilih opsi kedua kalau Anda tidak yakin dengan apa yang anda dilakukan.

Antarmuka pengguna Ubuntu disebut Unity. Ini sangat sederhana dan produktif. Aplikasi berjalan dan aplikasi favorit di taksbar di sisi kanan (disebut 'Dash') dan pencarian aplikasi pada tombol Super (Windows). Apakah ada cara lain yang sanggup Anda lakukan untuk membuatnya makin mudah?

Tidak ada duduk kasus penginstalan driver lantaran Ubuntu dilengkapi dengan detektor perangkat keras yang mendeteksi, mengunduh, dan menginstal driver optimal untuk PC Anda. Juga, instalasi dilengkapi dengan semua perangkat lunak dasar ibarat pemutar musik, pemutar video, suite kantor dan permainan untuk menghabiskan waktu.

Ubuntu mempunyai dokumentasi dan pertolongan komunitas yang bagus. Forum Ubuntu dan Ask Ubuntu menyampaikan pertolongan kualitas yang tidak mengecewakan di hampir semua aspek mengenai Ubuntu. Sangat mungkin bahwa pertanyaan apa pun yang Anda miliki sudah akan dijawab. Dan jawabannya ramah bagi pemula.

Lihat dan unduh Ubuntu di situs resmi.

3. Zorin OS

Sebagian besar pengguna komputer yaitu pengguna Windows. Dan ketika pengguna Windows memakai Linux, ada cukup banyak 'proses unlearning' yang harus dilewati oleh pengguna. Sejumlah besar operasi telah tercatat dalam ingatan otot kita. Misalnya, mouse mencapai sudut kiri bawah layar (Mulai) setiap kali Anda ingin meluncurkan aplikasi. Jadi, kalau kami sanggup menemukan sesuatu yang memudahkan masalah-masalah ini di Linux, itu yaitu setengah dari pertarungan yang dimenangkan. Masuk Zorin OS.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Zorin OS yaitu distribusi Linux yang sangat dipoles berbasis Ubuntu, seluruhnya dibentuk untuk para pengungsi Windows. Meskipun cukup banyak setiap distro Linux sanggup dipakai oleh semua orang, beberapa orang mungkin cenderung enggan ketika desktop terlihat terlalu asing. Zorin OS menghindari rintangan ini lantaran kemiripannya dengan tampilan Windows.

Manajer paket yaitu sesuatu dari konsep gres untuk pendatang gres Linux. Itulah sebabnya Zorin OS hadir dengan daftar perangkat lunak pra-instal yang sangat besar (yang saya maksud sangat besar). Apa pun yang Anda butuhkan, ada kemungkinan besar itu sudah terpasang di Zorin OS. Seolah-olah itu tidak cukup, Wine dan PlayOnLinux sudah terinstal sehingga Anda sanggup menjalankan perangkat lunak dan game Windows yang Anda cintai di sini juga.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Zorin OS hadir dengan mesin tema luar biasa yang disebut 'Zorin look changer ’. tema ini menunjukkan beberapa pilihan kustomisasi berat dengan preset untuk menciptakan OS Anda terlihat ibarat Windows 7, XP, 2000 atau bahkan Mac. Anda akan merasa ibarat di rumah.

Fitur-fitur ini menjadikan Zorin OS distro Linux terbaik untuk pemula, bukan? Kunjungi situs web Zorin OS untuk mengetahui lebih lanjut dan mengunduh OS.

4. Elemantary OS

Karena saya telah melihatkan distro Linux untuk pengguna Windows, mari kita olok-olokan sesuatu untuk pengguna MacOS juga. Elementary OS dengan cepat menjadi populer dan kini selalu dimasukkan dalam daftar distro teratas, semua berkat esensi estetiknya. Terinspirasi oleh tampilan MacOS, Elemantary OS yaitu salah satu distro Linux yang paling indah.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Elemantary OS yaitu sistem operasi berbasis Ubuntu yang berarti sistem operasi itu sendiri tidak diragukan lagi kestabilannya. Elemantary OS mempunyai lingkungan desktop Pantheon. Anda sanggup segera melihat kemiripan dengan desktop MacOS. Ini merupakan laba bagi pengguna MacOS yang beralih ke Linux lantaran mereka akan merasa lebih nyaman dengan desktop dan ini benar-benar memudahkan proses adaptasi.

Menu sederhana dan sanggup diadaptasi sesuai dengan preferensi pengguna. Sistem operasi tanpa gangguan sehingga Anda benar-benar sanggup fokus pada pekerjaan Anda. Elemantary OS tiba dengan sejumlah kecil perangkat lunak pra-instal. Jadi, setiap pengguna gres tidak akan mendapatkan ruang penyimpanan yang terpakai besar. Tapi, hei, semua yang Anda butuhkan. Untuk perangkat lunak lainnya, Elemantary OS menyediakan AppCenter yang rapi. Ini sangat gampang diakses dan sederhana. Semuanya di satu tempat. Anda sanggup mendapatkan semua software yang Anda inginkan dan melaksanakan upgrade hanya dengan klik.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Pengalaman yang luar bisa, Elemantary OS benar-benar merupakan penggalan dari perangkat lunak. Anda harus mencobanya.

5. Linux Mint Mate

Banyak orang yang beralih ke Linux untuk menghidupkan kembali komputer usang mereka. Dengan Windows 10, banyak komputer yang mempunyai spesifikasi yang layak beberapa tahun yang kemudian telah menjadi tidak kompatible lagi dikala ini. Google dengan sangat cepat akan menyarankan Anda untuk menginstal Linux pada komputer ibarat itu. Linux Mint Mate yaitu distro Linux yang hebat kalau Anda mencari sesuatu untuk menjalankan komputer usang Anda.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Linux Mint Mate sangat ringan, sumber daya efisien tetapi masih merupakan distro yang dipoles. Linux Mint Mate sanggup berjalan dengan lancar di komputer dengan kekuatan otot yang lebih sedikit. Lingkungan desktop tidak dilengkapi dengan lonceng dan jingle. Tetapi tidak ada lingkungan desktop yang secara fungsional lebih rendah daripada mint mate. Sistem operasi tidak mengganggu dan memungkinkan Anda mempunyai pengalaman komputasi yang produktif tanpa menghambat Anda.

Sekali lagi, Linux Mint Mate didasarkan pada Ubuntu dan mempunyai laba dari repositori perangkat lunak Ubuntu solid dasar yang besar. Muncul dengan jumlah minimum pra-instal. Instalasi driver dan pengaturan pengaturan yang gampang tersedia.

Anda sanggup menjalankan Linux Mint Mate bahkan kalau Anda mempunyai RAM 512 MB dan ruang hard disk 9 GB (semakin meriah).

Lingkungan desktop Mate benar-benar gampang dipakai tanpa tikungan dalam dongeng. Ini benar-benar titik plus besar bagi pemula Linux. Semua alasan untuk mencoba Linux Mint Mate.

6. Manjaro Linux

Baik. Pengguna Linux usang akan menyampaikan “membimbing seorang pendatang gres bahkan dalam arah umum Arch Linux yaitu dosa”. Tapi dengarkan saya dulu.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Arch dianggap sebagai Linux bagi yang ahli, lantaran mekanisme instalasi yang sangat rumit. Walau Manajro dan Arch Linux mempunyai asal yang sama. Tetapi mereka berbeda secara luas dan dalam segala hal lainnya.

Manajro Linux mempunyai mekanisme penginstalan yang sangat ramah pemula. Banyak hal yang otomatis ibarat pemasangan driver memakai ‘Deteksi perangkat keras’. Manjaro sangat meniadakan kerumunan driver perangkat keras yang menyengsarakan banyak distro Linux lainnya. Dan bahkan kalau Anda menghadapi duduk kasus apa pun, Manjaro mempunyai pertolongan komunitas yang luar biasa.
Manjaro mempunyai repositori perangkat lunak sendiri yang memelihara perangkat lunak terbaru.

Meskipun menyediakan perangkat lunak terkini untuk pengguna yaitu prioritas, stabilitas terjamin sama sekali tidak terganggu. Ini yaitu salah satu perbedaan utama antara Arch dan Manjaro.

Manjaro menunda rilis paket untuk memastikan mereka benar-benar stabil dan tidak ada regresi yang akan terjadi. Anda juga sanggup mengakses Arch User Repository di Manjaro, jadi apa saja dan semua yang Anda butuhkan, selalu tersedia.

 kita akan menentukan distro Linux terbaik untuk pemula 6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Manjaro Linux hadir di XFCE, KDE, Gnome, Cinnamon dan sejumlah lingkungan desktop. Lihatlah situs web resmi.

Untuk menginstal salah satu dari 6 sistem operasi di atas, Anda perlu menciptakan USB stick yang sanggup di-boot.

Pilihan Anda untuk distro Linux terbaik bagi pemula?
Linux mungkin tiba dengan kurva pembelajaran, tetapi itu bukanlah sesuatu yang harus disesali oleh siapa pun. Silahkan download  ISO nya dan install Linux. Jika Anda sudah menjadi pengguna Linux, jangan hanya berdiam diri, bagikan artikel ini dan bantu seseorang jatuh cinta dengan Linux.

Source : Linux, LinuxMint, LinuxUbuntu, LinuxElementaryOS, LinuxZorinOS, LinuxManjaro, itfoss.

Posting Komentar untuk "6 Distro Linux Terbaik Untuk Pemula Di 2018"