Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka File Webarchive Di Windows

Berikut ini yakni definisi webarchive dan cara untuk membuka file .webarchive semoga sanggup terbaca di windows tanpa menggunkan extractor webarchive terbaru.


Ini yakni pengalaman pertama saya untuk membuka file dengan format extension .webarchive. Ketika itu teman saya meminta tunjangan kepada saya untuk membuka sebuah file webarchive, dan saya sendiri belum pernah membuka file dengan format ekstensi tersebut.

Untuk menjawab rasa ingin tau saya, saya mencoba mencari di google apa itu file webarchive dan cara membaca file webarcive tersebut. Sebelum membuka file ada baiknya kita mengetahui apa itu webarcive, cara kerjanya beserta contohnya.

Pengertian Webarchive

Webarchive yakni sebuah format file yang terkompresi (gambar, teks, html, css dan seluruh komponen web), didefinisikan oleh Java EE standar, untuk menyimpan semua sumber daya yang diharapkan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Web dalam satu file dan sanggup diakses ketika offline. Kamu sanggup membaca lebih lajut seputar hal ini pada artikel pengertian web archive.

Webarchiving adalah sebuah proses penggabungan komponen-komponen dari WWW (World Wide Web) dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, contohnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.

Cara Kerja Web Archiving

Cara yang paling umum dipakai untuk pengumpulan web yakni memakai web crawler untuk mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler biasanya mengakses halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user yang memakai web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.

Contoh Web Archive

Local Website Archive

Aplikasi inilah yang sanggup dengan cepat untuk menyimpan dan mengarsipkan secara lengkap halaman web, disertai dengan keseluruhan gambar untuk tujuan dipakai sebagai referensi. Kamu sanggup mengorganisasir arsip halaman web ke dalam kategori-kategori yang relevan atau sejenis, dan sanggup memakai built-in browser display untuk menampilkannya secara offline.

Darimana File Webarchive dibuat?

Webarchive yakni format file yang dibentuk oleh Safari web browser. File Webarchive berisi HTML, gambar, suara, dan video dari halaman web yang sebelumnya dikunjungi. File-file ini membantu memuat  halaman, dan juga memungkinkan untuk melihat bahan yang disimpan dari halaman ketika tidak terhubung ke internet (offline). File Webarchive sanggup dipakai pada Safari untuk Windows dan Mac.

File webarchive seolah-olah dengan file MHTML, yang menyimpan isu HTML yang diperoleh melalui Internet Explorer. Untuk membuka file .webarchive di browser lain, kau harus merubah format file terlebih dahulu. Caranya : Klik kanan file tersebut > open file with > Ms. Word > Save As > Beri nama file dan pilih format .webpage > Save.

Setelah mengetahui bahwa file webarchive berasal dari safari web browser, maka cara termudah untuk membuka file tersebut yakni dengan browser safari itu sendiri. Makara kita harus punya MacOs dan Aplle dulu dong gres sanggup buka file tersebut?

Anda tidak harus punya Apple atau MacOs terlebih dahulu untuk menginstall Safari alasannya yakni ada versi safari yang sanggup di install di windows. Untuk lebih terang nya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Membuka File .webarchive di Windows

Menggunakan Safari Web Browser

Ini yakni cara paling cepat dan praktis untuk membuka dan membaca file webarchive yang berasal dari safari itu sendiri.

Berikut ini yakni definisi webarchive dan cara untuk membuka file  Cara Membuka File Webarchive di Windows

1. Silahkan Download dan instal safari web browser untuk windows di link berikut ini Safari For Windows > Langsung saja pilih Direct Download.
2. Setelah simpulan di install, klik kanan pada file .webarchive tersebut > pilih open with > Safari
3. Maka file itu dengan mudahnya akan terbuka dan kau sanggup membaca isi file tersebut.
4. Kamu sanggup Menyimpan Halaman web menjadi PDF semoga sanggup dicetak atau di Print atau untuk dokuemntasi ketika dibuka di devaice lain.

Safari yang saya gunakan ini bekerja pada windows 10, kalau kau punya windows 7/8 silahkan dicari sendri safari yang support dengan versi windows kalian masing-masing.

Konversi file .webarchive 

Cara kedua yang sanggup kau coba yakni mengkonversi file .webarchive menjadi .webpage, cara ini memakai aplikasi Ms.Word. berikut cara mengkonversinya:

Berikut ini yakni definisi webarchive dan cara untuk membuka file  Cara Membuka File Webarchive di Windows

1. Klik kanan file .webarchive > pilih open with > Ms. Word, Jika ada jendela peringatan, pilih saja yes.
2. kemudian pilih hidangan > Save As > Isi nama file dan pilih format ekstensinya menjadi  “.webpage” > Save
3. Kemudia kau sanggup mencoba membukanya memakai browser yang ada di komputer kamu. kau juga sanggup coba Cara Menyalin Teks dari Gambar atau Foto ke Microsoft Word

Dari dua cara diatas, saya lebih menganjurkan anda untuk mencoba cara yang pertama, alasannya yakni cara tersebut lebih terbukti berhasil dan sangat cepat sekaligus mudah.

Sekarang kau sudah sanggup membaca isi file . webarchive yang dikirim oleh teman mu dan mengetahui isi file tersebut. Semoga tutorial singkat ini sanggup membantu kau dalam membuka file tersebut.

Jika kau punya cara lain untuk membuka file webarchive silahkan berikan pendapatmu pada kolom komentar dibawah ini, kalau kau merasa erbantu dengan artikel ini tidak ada salahnya kau membagikan artikel ini semoga mereka juga sanggup membuka file webarchive dengan mudah.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka File Webarchive Di Windows"