Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Hal Yang Harus Dilakukan Sehabis Menginstal Linux Mint 19 Tara

distro linux terbaik bagi para pengguna baru. Hal ini akan berjalan dengan lancar bila masih dalam pemakaian normal. Akan tetapi, ada beberapa hal yang disarankan untuk dilakukan sehabis menginstal linux mint 19 tara.


Pada artikel kali ini, saya akan memperlihatkan beberapa kiat dasar namun efektif yang sanggup menciptakan pengalaman memakai linux mint anda menjadi lebih baik. Jika Anda mengikuti praktik terbaik ini, Anda akan mempunyai sistem yang lebih gampang untuk digunakan.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah menginstal Linux Mint 19 Tara 

Pada artikel kali ini saya memakai linux mint 19 Cinnamon edition sehingga beberapa poin dalam daftar ini khusus untuk Mint Cinnamon. Tetapi, bukan berarti Anda tidak sanggup mengikuti saran ini di edisi Xfce atau MATE. Kamu sanggup mencocokan dengan edisi yang kau gunakan.

Hal-hal berikut ini hanya beberapa rekomendasi dari sudut pandang saya. Anda mungkin sanggup melaksanakan lebih banyak daripada yang saya sarankan ini menurut minat dan kebutuhan anda.
Tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita lihat hal-hal utama yang harus dilakukan sehabis menginstal Linux Mint 19 Tara.

1. Perbarui sistem Anda
Ini ialah hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan sehabis menginstal Linux Mint atau distribusi Linux gres lainnya. Hal Ini untuk memastikan bahwa sistem Anda mempunyai semua pembaruan perangkat lunak dan keamanan terbaru. Anda sanggup memperbarui Linux Mint dengan masuk ke Menu > Update Manager.

Anda juga sanggup memakai perintah sederhana untuk memperbarui sistem Anda:
sudo apt update && sudo apt upgrade –y

2. Buat Snapshot Sistem
Linux Mint 19 merekomendasikan menciptakan snapshot sistem memakai aplikasi Timeshift. Ini terintegrasi dengan pengelola pembaruan. Alat ini akan menciptakan snapshot sistem, jadi bila Anda ingin mengembalikan Mint Anda ke keadaan sebelumnya, Anda sanggup dengan gampang melakukannya. Ini akan membantu Anda dalam kondisi yang tidak menguntungkan dari sistem yang rusak.


Snapshot sistem ini hampir sama dengan system restore pada windows. Makara anda sanggup membackup linux mint anda yang masih fresh dan ketika sewaktu-waktu rusak, Anda sanggup mengembalikannya ke keadaan semula dikala masih fresh. Kamu sanggup membacanya secara detail dan terang pada artikel Cara backup dan restore linux dengan timeshift.

3. Install Codec
Ingin memutar MP3, menonton video dalam format MP4 dan format lain atau memutar DVD? Anda perlu menginstal codec. Linux Mint menyediakan cara gampang untuk menginstal codec ini dalam paket yang disebut Mint Codecs.

Anda sanggup menginstalnya dari Layar Selamat Datang atau dari Manajer Perangkat Lunak. Anda juga sanggup memakai perintah ini untuk menginstal codec media di Linux Mint:
sudo apt install mint-meta-codecs

4. Instal Software yang Bermanfaat
Setelah Anda mengatur sistem Anda, kini saatnya menginstal beberapa perangkat lunak yang mempunyai kegunaan dalam penggunaan harian Anda. Linux Mint sendiri dilengkapi dengan sejumlah aplikasi yang telah diinstal sebelumnya dan ratusan atau mungkin ribuan aplikasi tersedia di Software Manager. Anda hanya perlu mencarinya.

Bahkan, saya akan merekomendasikan Software Manager untuk memenuhi kebutuhan aplikasi Anda.

Jika Anda ingin tahu perangkat lunak apa yang harus Anda instal, saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi Linux yang berguna:

  • VLC untuk video
  • Google Chrome untuk penelusuran web
  • Shutter untuk screenshot dan pengeditan cepat
  • Spotify untuk streaming musik
  • Skype untuk komunikasi video
  • Dropbox untuk penyimpanan cloud
  • Atom untuk mengedit kode
  • Kdenlive untuk mengedit video di Linux
  • Kazam untuk Perekam layar

Sekedar isu untuk Anda, tidak semua aplikasi yang direkomendasikan ini bersifat open source.

5. Pelajari cara memakai Snap [Untuk pengguna menengah sampai mahir]
Snap merupakan format pengemasan universal dari Ubuntu. Anda sanggup dengan gampang menginstal sejumlah aplikasi melalui paket Snap. Meskipun Linux Mint berbasis pada Ubuntu, Linux tidak menyediakan derma Snap secara default. Mint memakai Flatpak sebagai gantinya, format kemasan universal lain dari Fedora.

Meskipun Flatpak terintegrasi ke dalam Manajer Perangkat Lunak, Anda tidak sanggup memakai Snaps dengan cara yang sama. Anda harus memakai perintah Snap di sini. Jika Anda merasa nyaman dengan command line, Anda akan merasa bahwa itu gampang dilakukan. Dengan Snap, Anda sanggup menginstal beberapa perangkat lunak komplemen yang tidak tersedia di Manajer Perangkat Lunak atau dalam format DEB.

Untuk mengaktifkan derma Snap, gunakan perintah di bawah ini:
sudo apt install snapd

6. Instal KDE [Hanya untuk pengguna tingkat lanjut yang suka memakai KDE]
Linux Mint 19 tidak mempunyai edisi atau varian KDE. Jika Anda suka memakai desktop KDE, Anda sanggup menginstal KDE di Linux Mint 19 dan menggunakannya. Jika Anda tidak tahu apa KDE atau tidak pernah menggunakannya, abaikan saja bab ini.

Sebelum Anda menginstal KDE, saya sarankan Anda telah mengkonfigurasi Timeshift dan menginstal snapshot sistem. Setelah Anda menginstal-nya, gunakan perintah di bawah ini untuk menginstal KDE dan beberapa komponen KDE yang direkomendasikan.

sudo apt install kubuntu-desktop konsole kscreen

Setelah instalasi, keluar dan ganti lingkungan desktop dari layar login.

7. Ubah Tema dan ikon [Jika Anda menyukainya]
Linux Mint 19 sendiri mempunyai tampilan dan nuansa yang anggun tetapi ini tidak berarti Anda tidak sanggup mengubahnya. Jika Anda pergi ke Pengaturan Sistem, Anda akan menemukan opsi untuk mengubah ikon dan tema di sana. Ada beberapa tema yang sudah tersedia di bab pengaturan ini yang sanggup Anda unduh dan aktifkan.


8. Lindungi mata Anda di malam hari dengan Redshift
Night Light menjadi fitur wajib dalam sistem operasi dan smartphone. Fitur ini menyaring cahaya biru di malam hari dan mengurangi ketegangan pada mata Anda.

Sayangnya, Linux Mint Cinnamon tidak mempunyai fitur Cahaya Malam built-in menyerupai GNOME. Oleh alasannya ialah itu, Mint menyediakan fitur ini menggunakan aplikasi Redshift.

Redshift diinstal secara default di Mint 19 sehingga yang Anda lakukan hanyalah memulai aplikasi ini dan mengaturnya untuk autostart. Sekarang, aplikasi ini secara otomatis akan beralih ke lampu kuning sehabis matahari terbenam.


9. Minor Tweak Pada Sistem Anda
Tidak ada final untuk mengubah sistem Anda sehingga saya tidak akan menciptakan daftar semua hal yang sanggup Anda lakukan di Linux Mint. Saya akan serahkan itu kepada Anda untuk dijelajahi. Saya hanya akan menyebutkan beberapa tweak yang saya lakukan.

Tweak 1: Menampilkan Persentase baterai
Saya terbiasa menyimpan track pada masa pakai baterai. Mint tidak memperlihatkan persentase baterai secara default. Tetapi Anda sanggup dengan gampang mengubah sikap ini.
Klik kanan pada ikon baterai di panel bawah dan pilih Konfigurasi.


Dan di sini, pilih Tampilkan opsi persentase


Tweak 2: Mengatur volume maksimum
Saya juga menyukai Mint yang memungkinkan pengaturan volume maksimum antara 0 dan 150. Anda sanggup memakai fitur kecil ini juga. Anda juga sanggup menemukan hal ini pada 13 fitur gres linux mint 19 luar biasa.


10. Bersihkan Sistem Anda
Menjaga sistem Anda bebas dari sampah ialah suatu hal yang penting. Saya telah membahas membersihkan Linux Mint secara mendetail jadi saya tidak akan mengulanginya di sini.

Jika Anda ingin cara cepat untuk membersihkan sistem Anda, saya sarankan untuk memakai satu perintah ini secara berkala:

sudo apt autoremove
Ini akan membantu Anda menyingkirkan paket yang tidak perlu dari sistem Anda.

11. Mengatur Firewall
Biasanya, ketika Anda berada di jaringan asal, Anda berada di belakang firewall router Anda. Tetapi ketika Anda terhubung ke WiFi publik, Anda sanggup mempunyai lapisan keamanan komplemen dengan firewall.

Sekarang, menyiapkan firewall ialah suatu yang rumit dan hasilnya Linux Mint dilengkapi dengan pra-instal dengan Ufw (Uncomplicated Firewall). Hanya mencari Firewall di hidangan dan aktifkan setidaknya untuk mode Publik.

12. Perbaikan dan Solusi untuk Bug
Sejauh ini saya telah memperhatikan beberapa duduk masalah di Mint 19. Saya akan memperbarui bab ini alasannya ialah saya menemukan lebih banyak bug.

Masalah 1: Kesalahan dengan Flatpaks di Pengelola Perangkat Lunak
bug utama dalam Manajer Perangkat Lunak. Jika Anda mencoba memasang aplikasi Flatpak, Anda akan mengalami kesalahan:

“An error occurred. Could not locate ‘runtime/org.freedesktop.Sdk/x86_64/1.6’ in any registered remotes”
"Terjadi kesalahan. Tidak sanggup menemukan ‘runtime / org.freedesktop.Sdk / x86_64 / 1.6’ di remote yang terdaftar apa pun ”

tidak ada yang salah dengan Flatpak tetapi Manajer Perangkat Lunak mempunyai bug yang menjadikan kesalahan ini. Bug ini telah diperbaiki dan harus dimasukkan dalam pembaruan masa depan. Ketika itu terjadi, Anda harus memakai perintah Flatpak di terminal untuk menginstal aplikasi Flatpak ini.

Saya sarankan pergi ke situs web Flathub dan mencari aplikasi yang Anda coba instal. Jika Anda mengklik tombol instal di situs web ini, ia akan mengunduh file .flatpakref. Sekarang yang perlu Anda lakukan hanyalah memulai terminal, buka direktori Unduhan dan gunakan perintah dengan cara berikut:

menginstal flatpak <name_of_flatpakref_file>

Masalah 2: Opsi edit dinonaktifkan di Shutter
Bug lain terjadi dengan alat screenshot Shutter. Anda akan menemukan bahwa tombol edit telah dinonaktifkan. Itu ialah masalah yang sama di Ubuntu 18.04. Saya sudah menulis tutorial untuk duduk masalah Shutter edit. Anda sanggup memakai langkah yang sama untuk Mint 19.

Bagaimana Pendapat dan Saran Anda?
Ini ialah rekomendasi saya perihal hal-hal yang harus dilakukan sehabis menginstal Linux Mint 19 Tara. Saya akan memperbarui artikel ini ketika saya menjelajahi Mint 19 dan menemukan hal-hal menarik untuk ditambahkan ke daftar ini. Sementara itu, mengapa Anda tidak membagikan apa yang telah Anda lakukan sehabis Menginstal Linux Mint?

Source : Linuxmint19, itfoss

Posting Komentar untuk "12 Hal Yang Harus Dilakukan Sehabis Menginstal Linux Mint 19 Tara"