Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor Menjadi Normal Kembali

- Berikut ini merupakan cara untuk memperbaiki dan mengatasi baterai hp (smartphone) yang bocor atau cepat habis biar menjadi normal kembali. Cara ini hanya mengatasi baterai hp yang sanggup dilepas bukan baterai tanam. Tips ini sanggup bikin baterai bocor, drop, dan soak menjadi normal kembali.

cara untuk memperbaiki dan mengatasi baterai hp  Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali

Baterai smartphone (hp) memang merupakan salah satu komponen yang paling penting pada sebuah hp, lantaran baterai merupakan satu-saunya sumber daya biar smartphone sanggup dinyalakan. Semakin anggun baterainya maka smartphone atau hp sanggup bertahan hidup lebih usang ketika diguanakan tapi kalau baterai sudah rusak atau bocor tentu waktu kerjanya semakin berkurang.

Baterai hp menjadi bocor sudah menjadi suatu hal yang sering terjadi dikarenakan beberapa faktor dan penggunaan hp yang terlalu berlebihan atau ekstrem. Bisa juga disebabkan oleh daya tahan dan kekuatan baterai memang lemah atau tidak infinit untuk pemakaian jangka panjang. Bisa dibilang kualitas baterai memang tidak bagus.

Ada beberapa alasan klasik yang sering menciptakan baterai hp menjadi bocor, drop dan rusak ialah pemakaian yang tidak normal atau berlebihan dan sering dipakai pada ketika sedang charging atau ngecas.

Ciri-Ciri Baterai HP Bocor

Untuk mengetahui baterai kau sudah bocor atau belum sanggup melihat ciri-cirinya seperti:

  • Pengisisan daya baterai menjadi sangat cepat dari biasanya akan tetapi ketika dipakai atau dimainkan dalam beberapa waktu saja sudah habis
  • Persentase baterai menjadi naik turun bahkan tidak sesaui dengan persentase yang ada. Ketika baterai 100% full datang tiba digunakan  atau tidak gunakan menjadi 50%, atau bahkan tiba-tiba mati mendadak walau persentase baterai masih puluhan persen.
  • HP atau smartphone  menjadi terasa panas pada pecahan baterai, ketika kau menggunakan hp beberapa waktu namun kau mencicipi panas pada pecahan baterai dengan sangat cepat. Hal ini sanggup menjadi indikator bahwa baterai kau mulai bocor.

Penyebab Baterai HP Bocor

Ada beberapa alasan yang mungkin sanggup menjadi salah satu penyebab baterai hp menjadi bocor, drop, atau rusak dan tidak tahan lama. Berikut ini ialah beberapa penyebab dan ulasannya:

1. Menggunakan HP ketika sedang proses Charging
Hal ini niscaya sudah sering kau dengar  bahwa kita dihentikan memainkan hp ketika sedang mengecas. Karena pengisian baterai menjadi tidak normal tanggapan ada aktifitas yang memkan daya ketika sedang mengisi daya baterai, hal ini menciptakan baterai tidak terisi dengan sempurna.

Akan tetapi hal ini sering diabaikan oleh kita para pengguna ponsel alasannya tidak ingin lepas dari smartphone apalagi kalau sudah chatingan atau main games, udah paling susah dah buat di hentikan. Tapi demi umur pakai hp lebih usang ada baiknya kau kurangi hal ini biar hp kau tetap infinit hingga ingin kau jual lagi nanti.

2. Sering Menggunakan Power Bank
Powerbank merupakan salah satu alternatif pengganti arus listrik dan sanggup dibawa kemana-mana saja walau tidak ada listrik sekalipun. Namun perlu kau ketahui bahwa penggunaan power bank yang terlalu sering dan berlebihan walau sesungguhnya ada arus listrik tetapi tetap menggunakan power bank hal ini sanggup berakibat cukup fatal.

Arus atau daya yang diberikan oleh power bank tentu tidak senormal arus daya listrik secara langsung, tentu hal ini akan menciptakan kualitas baterai yang ada pada hp akan terpengaruh, usang kelamaan baterai hp kau bocor dalam waktu singkat.

3. Menghabiskan Seluruh Daya Baterai
Kebiasaan menghabiskan daya baterai hingga sehabis-habisnya hingga mati total merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan. Hal ini menciptakan hp menjadi tak mempunyai daya sedikitpun dan ini ialah penggunaan yang terlalu ekstrim.

Akan lebih anggun kalau kau mengecas hp ketika sudah mencapai batas 10 persen atau 5 persen, hal ini sangat dianjurkan untuk melaksanakan charging. Jika daya yang ada pada baterai habis secara keseluruhan ini akan menciptakan kualitas baterai menjadi berkurang dan berakibat baterai menjadi bocor.

Cara Mengatasi Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali

Ini ialah cara yang sanggup kau tempuh biar baterai hp kembali normal dan tidak bocor lagi. Cara ini sanggup dipraktekkan untuk hp yang mempunyai baterai yang sanggup di lepas atau bukan baterai tanam. Karena tutorial kali ini kau diharuskan untuk melepaskan baterai dari hp terlebih dahulu. Berikut ialah cara mengatasi baterai hp yang bocor:

cara untuk memperbaiki dan mengatasi baterai hp  Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali

1. Lepaskan baterai dari smartphone / hp kau terlebih dahulu, kemudian diamkan terlebih dahulu hingga suhu baterai terasa dingin.
2. Masukkan baterai hp tersebut kedalam plastik, ikat atau lakban hingga rapet hingga tidak ada lubang untuk udara sanggup masuk.
3. Masukkan baterai yang sudah kau lapisi plastik tadi kedalam freezer lemari es / kulkas. Dinginkan dan biarkan selama 8 jam hingga 12 jam.
4. kalau sudah mencapai batas waktu, keluarkan baterai dari freezer tadi, buka bungkus plastiknya dan biarkan selama beberapa menit hingga suhu baterai normal kembali. Kamu sanggup tunggu selama 2 jam hingga baterai benar-benar normal.
5. Pasang baterai smartphone, tapi jangan dihidupkan dulu. Langsung Charging / cas hp kau hingga terisi penuh. Pastikan katika charger hp / smartphone dalam keadaan mati.
6. Jika baterai sudah penuh, nyalakan smartphone dan rasakan perubahan yang terjadi pada baterai yang sudah diperbaiki tadi. Biasanya baterai kembali normal dan bertahan lebih usang dari pada sebelumnya.

Cara diatas ini tentu tidak sanggup menciptakan performa baterai kau menyerupai baru, hanya saja baterai smartphone sanggup bertahan lebih usang dari sebelumnya. Setidaknya baterai sanggup bertahan cukup usang kalau dibandingkan dengan keadaan ketika baterai bocor.

Cara Agar Baterai Tidak Cepat Bocor

Hal yang harus diperhatikan biar baterai hp tidak cepat bocor dan infinit kau sanggup melaksanakan hal-hal berikut ini:

  • Mengatur tingkat kecerahan layar smartphone, lantaran kecerahan atau brightness layar sanggup memakan banayak daya smartphone.
  • Biasakan charger HP dalam keadaan mati 
  • Matikan semua konekstifitas menyerupai bluetooth, Wifi, atau penggunaan data ketika smartphone tidak dipakai atau kau sanggup pake mode Airplane.
  • Kurangi penggunaan hp ketika sedang charging atau cas
  • Kurangi penggunaan power bank berlebihan
  • Sebainya install aplikasi pihak ketiga untuk menghemat daya baterai.

Itu beliau tadi cara memperbaiki baterai hp yang bocor menjadi normal kembali. Jika kebocoran sudah parah banget, baiknya kau mengganti baterai dengan yang gres biar tidak menjadikan hal yang berbahaya.

Jika kau punya pendapat dan saran silahkan tulis dikolom komentar, kalau kau suka dengan artikel dari redaksiweb.com ini silahkan share ke teman-teman kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor Menjadi Normal Kembali"